Sejak 2019, maskapai ini mulai mengubah sistem call center Air Asia Indonesia yang bersifat manual dan mewajibkan staf dalam layanannya untuk menjadi sistem online dan terpusat. Hal ini dilakukan antara lain agar pelanggan Air Asia lebih mudah menghubungi maskapai.
Awalnya, sistem call center yang disediakan oleh maskapai hanya melalui telepon secara manual yang akan ditangani oleh staf. Mungkin di satu sisi ini akan semakin memperjelas solusi yang diharapkan oleh pelanggan mengenai berbagai kendala yang mereka hadapi. Sayangnya, ada waktu dan sumber daya yang terbatas.
Call center Air Asia Indonesia yang masih menggunakan sistem manual ini hanya dapat diakses melalui satu pintu yang dibuka setiap hari namun hanya dalam waktu 06.00 hingga 22.00. Jadi, dalam hal ini pelanggan tidak dapat menghubungi maskapai kapan saja jika terjadi sesuatu.
Layanan Air Asia saat ini dialihkan ke sistem AVA live chat online yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja Anda inginkan. Disertai dengan kecerdasan buatan, sistem ini dapat beroperasi secara otomatis, dan dapat menjawab pertanyaan Anda dengan memuaskan jika sesuai dengan pertanyaan umum.
Ada juga beberapa jenis live chat yang disediakan oleh air asia, antara lain live chat yang dapat diakses melalui media sosial twitter, melalui Facebook, melalui aplikasi mobile, atau melalui aplikasi pesan Whatsapp. Berikut ini adalah ulasan lengkap dari setiap obrolan langsung.
Hubungi maskapai penerbangan melalui Facebook Messenger
Salah satu media sosial yang cukup populer bahkan di kalangan anak muda adalah Facebook. Aplikasi ini merupakan salah satu media sosial yang dapat memberikan banyak informasi. Melalui Facebook, pengguna juga dapat bertukar pesan melalui fitur Facebook Messenger, yang tentunya mudah digunakan.
Dalam meningkatkan layanan kenyamanan bagi pelanggannya, maskapai Air Asia memanfaatkan media sosial ini untuk dapat mengakomodasi saran dan kritik dari pelanggannya secara online. Maskapai ini mengganti manual call center Air Asia Indonesia dengan menggunakan chatbot di akun resmi Air Asia di laman Facebook.
Anda dapat pergi ke halaman resmi maskapai, lalu klik bagian messenger dan Anda dapat langsung menghubungi Air Asia dengan mudah. Namun, Perlu Anda ketahui bahwa Facebook Messenger hanya menggunakan chatbots dan tidak terkait langsung dengan staf Air Asia yang dapat menjawab pertanyaan secara detail.
Meski begitu, Anda tetap bisa mengajukan pertanyaan terkait berbagai masalah dan kendala yang dialami melalui Facebook Messenger selama pertanyaan Anda masih umum dan tidak terlalu detail. Sebab, chatbot Facebook Messenger ini hanya bisa memberikan jawaban sederhana untuk Anda sebagai pelanggan maskapai yang bertanya.
Layanan Lebih Mudah Melalui AVA Live Chat Air Asia
Call center Air Asia Indonesia tidak hanya dialihkan ke media sosial, tetapi juga melalui situs resmi maskapai. Maskapai ini juga menyediakan sistem chatbot di situs web resmi untuk menyediakan layanan obrolan langsung dengan pelanggan. Pelanggan sekarang dapat dengan mudah menghubungi maskapai melalui sistem ini.
Perbedaan antara layanan chatbot AVA dan Facebook Messenger cukup signifikan. Sistem live chat di situs resmi dibuat oleh tim IT Air Asia secara khusus, sehingga meskipun itu adalah chatbot, live chat ini dapat menjawab dan menjawab berbagai pertanyaan yang lebih kompleks.
Oleh karena itu, pelanggan maskapai Air Asia disarankan untuk menggunakan ava live chat untuk berbagai pertanyaan yang jawabannya cukup detail. Sakelar call center manual Air Asia Indonesia ke sistem online sangat membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi 24 jam setiap harinya.
Untuk menggunakannya sangat mudah. Anda cukup mengunjungi situs resmi maskapai Air Asia. Setelah itu, temukan ikon obrolan langsung di sudut kiri bawah halaman. Situs web ini dapat diakses melalui seluler atau desktop. Anda juga dapat mengunduh aplikasi seluler resmi.
Call Center Air Asia Indonesia Beralih melalui Akun Twitter
Selain menggunakan layanan live chat AVA yang dapat diakses di situs resmi, serta Facebook Messenger, Anda juga dapat menghubungi maskapai melalui akun Twitter resmi Air Asia. Twitter adalah media sosial yang cukup banyak digunakan oleh pengguna dari semua lapisan masyarakat. Untuk alasan ini, metode ini lebih mudah.
Untuk berkomunikasi melalui Twitter tidak dalam bentuk live chat seperti di Facebook Messenger atau di situs resmi, karena Twitter tidak memiliki fitur chat. Namun, Anda tidak perlu bingung untuk berkomunikasi melalui media sosial ini. Hal-hal yang perlu Anda lakukan cukup mudah.
Anda hanya perlu mengirim direct message atau pesan langsung ke akun Twitter resmi Air Asia di @AVA_airasia. Selain itu, Anda juga bisa menyebutkan akun dalam postingan yang Anda tweet untuk mendapatkan jawaban. Keuntungan dari sistem ini adalah melibatkan langsung staf maskapai Air Asia.
Artinya, pertanyaan Anda dapat dijawab secara maksimal dan detail. Setelah Anda mengajukan pertanyaan melalui cara ini, maskapai akan menghubungi lagi. Anda bisa mendapatkan jawaban secara langsung atau dialihkan melalui call center Air Asia Indonesia berupa chatbot AVA selama masalah yang ditanyakan tidak terlalu parah.
Rasakan Kemudahan Live Chat Lewat Aplikasi Whatsapp
Layanan live chat yang disediakan oleh maskapai Air Asia semakin canggih dan memanjakan pelanggan. Salah satu kemudahannya, kini Anda bisa menghubungi Air Asia hanya melalui aplikasi pesan singkat whatsapp. Dukungan Whatsapp untuk live chat Air Asia disediakan pada Juni 2020.
Sebagai aplikasi pesan singkat yang sangat populer dan digunakan hampir di seluruh dunia, tentunya keberadaan layanan direct chat via whatsapp ini menjadi poin plus bagi Air Asia sendiri. Di sini, Anda akan terhubung dengan asisten virtual atau bahkan dengan tim dukungan dari Air Asia Airlines.
Sayangnya, untuk dapat terhubung langsung dengan tim pendukung akan membutuhkan waktu yang lama. Namun dalam penggunaan live chat di whatsapp sangat mudah dan bahkan paling mudah dibandingkan dengan metode lainnya. Anda hanya perlu mengakses aplikasi ini baik melalui komputer atau ponsel Anda, lalu membuka obrolan.
Setelah itu, Anda klik kontak baru dan masukkan nomor call center Air Asia Indonesia di whatsapp dengan nomor +601135165078 dan ketik apa saja untuk memulai di chat room Anda. Nantinya, Anda akan menerima tanggapan dari chatbot Air Asia, dan Anda hanya perlu mengikuti langkah selanjutnya.
Melalui aplikasi whatsapp ini, Anda akan lebih mudah dan fleksibel dalam mengajukan berbagai pertanyaan terkait penerbangan dan maskapai penerbangan. Biasanya, chatbot Air Asia akan memberikan opsi pertanyaan umum sebagai kata kunci untuk ditanyakan. Anda hanya perlu membalas dengan nomor yang cocok dengan daftar mereka.
Sekarang, seiring dengan perkembangan teknologi, semuanya memang sangat mudah dan memanjakan pelanggan. Tak terkecuali Air Asia yang juga melakukan upgrade dalam hal layanan komunikasi. Meskipun call center Air Asia Indonesia manual tidak lagi diberlakukan, Anda tetap dapat berkomunikasi dengan lebih fleksibel dan sederhana.